Sabtu, 05 Mei 2012

Inspirator

Husny Lashinta Rampales, Putra Bangkep yang Mendunia
Bersama Abraham Lincoln Masuk 10 Pengarang Markonis Dunia

Banggai Kepulauan ternyata memiliki banyak putra daerah yang bertalenta tinggi. Sebut saja, Husny Lashinta Rampales. Pria parubaya yang kini menetap  diantara Batam dan Singapura ini, tercatat salah satu dari 10 pengarang markonis dunia.
Bagi Masyarakat Bangkep, nama Husny Lashinta Rampales, mungkin tidak begitu dikenal, tapi bagi para pelaut dunia, Putra kelahiran Desa Mbuang-Mbuang Kecamatan Bokan Kepulauan 14 Oktober 1957 silam itu adalah sosok yang paling penting.
Husny tercatat sebagai satu dari sepuluh pengarang markonis dunia, sejajar dengan nama mantan presiden Amerika Abraham Lincoln.
Ke 10 pengarang markonis tersebut adalah Abraham Lincoln (Amerika), Carl Christian Giegler (Jerman), David Homer Bates (Amerika), Donald G. Sanders (Amerika), George T. Moir (Amerika), Race I. Glen (Amerika), Hendry James (Amerika), Herbert D. Waldron (Amerika), Husny Lashinta Rampales (Indonesia) serta Issac Lopez Fuentes (Mexico).

Ke 10 pengarang diatas dipilih bukan karena kebesaran karya yang mereka tinggalkan ditilik dari sudut kesustraan. Melainkan mereka adalah para pengarang dan karyanya yang berlatar belakang Radio Telepon Telegraf.
Jejak Husny Lashinta pada tahun 1984, saat ia masih bekerja sebagai Wartawan Momerandum Surabaya, ia pamit kepada redakturnya untuk kembali berlayar mengelilingi tanah air dan ia berjanji akan tetap mengirimkan berita.
Maka setiap hari rabu waktu itu, terbitlah tulisan-tulisannya dibawah judul : Surat-Surat Terbuka Seorang Pelaut, yang kemudian dari sebagian kecil kumpulan tulisannya itu diterbitkan dalam bentuk buku pada tahun 1991 oleh PN. BALAI PUSTAKA, Jakarta. Buku itu akhirnya sampai ke Amerika Serikat. Bersama  karya mendiang Abraham Lincoln dan 8 orang pengarang lainnya mejadi buku langkah yang menyangkut radio Telepon Telegraf (Markonis) dan kini buku-buku tersebut di simpan di perpustakaan American Congress Library, Washintong DC
Sumber : Luwuk Post Edisi Jumat 04 maei 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar